Pages

Monday, June 20, 2011

memulai bisnis sablon digital

untuk memulai bisnis ini modal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak sekitar 5-7 juta saja, kalau tidak punya uang segitu bisa pinjam modal ke teman.

proses pengerjaannya sangat mudah dan cepat, ada gambar yang siap dicetak tinggal print terus dipress ke kaos menggunakan hot press.

beberapa penjual menutupi kelemahan bisnis sablon digital ini, sehingga banyak yang mencoba karena keuntungan yang besar dan peluang berbisnis yang besar.

untuk sablon digital menggunakan tinta sublim hanya bisa dicetak/disablon di kain TC dll tidak bisa dicetak/disablon/dipress di kaos berbahan katun, kalaupun bisa ditransfer ke kaos katun hasilnya tinta sublim akan luntur/kabur berbeda jika dipress/disablon/dicetak di kain TC tinta tidak akan luntur dan warna yang dihasilkan lebih baik. perlu diketahui jenis kain TC itu panas biasa digunakan untuk kaos partai, promosi partai.

untuk mengatasi hal tersebut muncul alternatif baru yaitu menggunakan transfer paper, ada 2 jenis transfer paper untuk kaos katun warna hitam/gelap dan untuk kaos katun warna putih/terang. akan tetapi transfer paper tidak mempunyai daya tahan yang baik hanya untuk beberapa kali cuci sablonan akan pecah/retak, tinta yang digunakan tentu saja bukan tinta sublim karena tinta sublim hanya digunakan untuk mentransfer dari kertas ke media khusus, tinta yang digunakan adalah tinta yang tahan cuci, tidak luntur dan tahan panas yaitu tinta pigment.

ada cara lain untuk mentransfer hasil cetakan menggunakan tinta sublim ke kaos katun, dengan cara menggunakan cairan coating, yaitu cairan putih seperti gel. cara pemakaiannya menurut saya sangat ribet/bikin malas pakai, caranya cairan coating di oleskan ke kaos ke bagian yang akan dipress/oles ke media cetak saja. cara mengoleskannya bisa menggunakan screen sablon manual atau kita oleskan dengan tangan kita secara langsung tapi hasilnya tidak sebagus menggunakan screen yang lebih halus dan rata. untuk kaos katun yang menggunakan coating daya tahan cucinya lebih baik dibanding menggunakan transfer paper, karena cairan coating tersebut menyatu dengan kaos. untuk bagian yang tidak tecetak akan menghasilkan border/bingkai kotak yang berwarna bening, untuk mengatasi border tersebut kita bisa membuat film dulu kemudian kita screen ke kaos tersebut sehingga tidak ada border(cairan coating sesuai bidang yang dicetak). ingat ini hanya berlaku untuk kaos katun berwarna putih/terang tidak berlaku untuk katun hitam/gelap.

3 comments:

Anonymous said...

beli di mana carian coatingnya? namanya apa ? ty

NAFCOM Pusat Tinta Printer, Toner Laser, Kertas Foto, dan CISS Printer Desktop/LargeFormat said...

Bisa didapatkan disini

Http://nafcom-kudus.blogspot.com

Cepy said...

Bagaimana untuk kaos warna hitam